9 Kiat Sukses Menjadi Superdad

685
0
SHARE

Kualitas anak Anda akan sangat dipengaruhi oleh kualitas Anda sebagai orangtua. Oleh karena itu, orangtua harus menjadi Super Dad dan Super Mom bagi anak mereka. Di bawah ini adalah 9 kiat sukses menjadi Super Dad di mata keluarga. Untuk mengetahui kualitas dari Super Mom bisa dilihat pada link berikut http://trueparenting.co.id/resources/2016/07/21/6-kualitas-supermom/

1. Menyediakan Waktu

Picture1

Super Dad menyadari bahwa salah satu tanda utama dari mengasihi adalah menyediakan waktu. Oleh karena itu, Super Dad menunjukkan kasih kepada keluarganya dengan cara senantiasa memiliki waktu untuk menolong anggota keluarganya.

2. Memperhatikan Diri Sendiri

Picture2

Super Dad harus memperhatikan (kekuatan) yang dimiliki dalam diri sendiri terlebih dahulu agar bisa memperhatikan anak dan keluarganya lebih maksimal. Artinya, Super Dad menyadari bahwa semakin baik kondisinya akan semakin baik perhatian yang bisa diberikan kepada keluarganya. Dalam kondisi sakit, Super Dad mengerti bahwa dalam kondisi sakit atau tidak maksimal maka Super Dad tidak akan bisa memberikan yang terbaik untuk keluarganya.

Anda ingin mengetahui kekuatan Anda sebagai Orang Tua, kunjungi  http://tppt.co.id/penjelasan-tppt/tppt-orang-tua/

3. Mengerti Kondisi Keluarga

Picture3

Super Dad menyadari bahwa setiap orang membutuhkan perhatian. Oleh karena itu, Super Dad membiasakan dirinya untuk menanyakan kabar dari anak dan pasangannya. Tindakan ini akan sangat membantu untuk mengetahui dan mengontrol keadaan keluarganya mulai dari pergaulan, pendidikan, hingga kesehatan masing-masing anggota keluarga.

4. Mampu Mengendalikan Emosi

Picture4

Super Dad menyadari bahwa hati harus tetap tenang walaupun menghadapi banyak pekerjaan yang harus diselesaikan. Oleh karena itu, kepala keluarga hendaknya sabar dan tetap berkepala dingin agar tidak salah mengambil keputusan. Anak dari Super Dad biasanya juga akan bisa mengendalikan emosi karena mendapatkan contoh yang baik.

5. Fleksibel

Picture5

Super Dad harus bisa fleksibel. Jika diperlukan, Super Dad akan bertukar peran dengan pasangan ketika pasangan sedang sibuk. Hal ini akan sangat membantu menyukseskan keluarga dan rumah tangga.

6. Menjadi Contoh

Picture6

Super Dad menyadari bahwa keluarganya, terutama anak-anak akan melihat apa yang dilakukan daripada mendengar apa yang dikatakan. Ini terjadi karena kepala keluarga adalah panutan baik bagi pasangan maupun anak-anaknya.

7. Meningkatkan Keterlibatan

Picture7

Super Dad menyadari bahwa salah satu tanggung jawab yang harus dilakukan adalah menanamkan nilai-nilai kerjasama pada anak mereka. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberi tugas-tugas kecil kepada anak. Selain itu, bekerja sebagai tim akan sangat mendukung dan membantu keluarga Super Dad melalui berbagai permasalahan.

8. Senang Menolong Orang Lain

Picture8

Super Dad menyadari bahwa memperhatikan orang lain merupakan salah satu tanda keberhasilan. Oleh karena itu, Super Dad tidak hanya memperhatikan keluarganya sendiri tetapi juga orang lain. Dengan demikian Super Dad sudah memberikan contoh yang baik kepada anak-anaknya.

9. Memberikan Batasan

Picture9

Super Dad ingin memastikan anak-anaknya bisa bertumbuh maksimal. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memberikan batasan sehingga anak-anaknya mengetahui mana yang boleh dilakukan dan mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Ketahui parenting style Anda & pasangan Anda. Jadilah orang tua yang efektif sesuai dengan kepribadian Anak Anda. Ikuti TPPT Parent.

Family Gardening Grayscale
Awesome Parents ebook

Anda bisa menjadi orang tua luar biasa!

Ebook ini akan mengajak Anda, para orang tua, untuk menjalani 9 peran yang akan membuat Anda menjadi orang tua yang luar biasa.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY